Secara regulatif kebijakan pengembangan kurikulum didukung dengan pembentukan Tim Pengembang Kurikulum berdasarkan Keputusan Direktur Nomor : 102/D-PPS/X/2015. Tim pengembang kurikulum tersebut bersama dengan pimpinan program studi melaksanakan penyusunan,pengembangan, dan peningkatan mutu kurikulum untuk program studi yang dikelola dalam tata pamong, kebijakan dasar pengembangan kurikulum ditetapkan oleh Program Pascasarjana dan program studi. Pengembangan Kurikulum pada Program Pascasarjana harus dipedomani oleh semua unit kelembagaan terkait dalam menyusun, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan mengembangkan kurikulum tersebut.

Selain itu, di bawah koordinasi Asisten Direktur I, Pascasarjana juga memiliki Tim Pengembang Kurikulum (TPK) yang bertugas mereview, mengevaluasi, merevisi, menganalisis, dan menyempurnakan kurikulum Program Pascasarjana. Dengan demikian, penyusunan, evaluasi, dan pengembangan kurikulum di Program Pascasarjana secara keseluruhan, dikoordinasikan oleh Tim Pengembang Kurikulum.

Hal ini dengan pengembangan dan implementasi kurikulum secara lebih operasional, di Prodi-prodi di lingkungan Program Pascasarjana memiliki peran sebagai berikut:

  1. Mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan penyusunan, evaluasi, dan pengembangan kurikulum Prodi-prodi di lingkungan Pascasarjana Universitas Garut (Koordinator).
  2. Memberikan dukungan fasilitas yang diperlukan oleh Prodi dalam mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum (Penyedia fasilitas).
  3. Memonitor dan mengevaluasi implementasi kurikulum oleh prodi-prodi (Pemonitor dan evaluator).
  4. Memprakarsai perubahan dan pembaharuan dalam pengembangan kurikulum (Inisiator dan inovator).

Melalui koordinasi dengan Tim Pengembangan Kurikulum, Program Pascasarjana berperan dalam mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan yang lebih operasional berkenaan dengan penyusunan, evaluasi, dan pengembangan kurikulum Prodi-prodi di lingkungan Program Pascasarjana Universitas Garut. Program Pascasarjana ini berperan dalam mengkoordinasikan Prodi-prodi untuk mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut. Dalam hal ini, Program Pascasarjana menyelenggarakan pertemuan-pertemuan khusus koordinatif untuk menyebarluaskan dan mensosialisasikan ketentuan-ketentuan pokok dan berbagai informasi tentang penyusunan, implementasi, dan pengembangan kurikulum serta memfasilitasi terjadinya sharing dan kerja sama antar Prodi. Fungsi dari kontrol terhadap Prodi-prodi dalam melaksanakan tugas-tugas operasional berkaitan dengan penyusunan, evaluasi, dan pengembangan kurikulum juga dilakukan Program Pascasarjana guna menjamin bahwa semua Prodi menjalankan apa yang menjadi tugas dan kewajibannya.

Berkenaan dengan implementasi kurikulum oleh Prodi-prodi di lingkungan Program Pascasarjana, maka Program Pascasarjana melakukan monitoring dan evaluasi untuk menjamin keterlaksanaannya dan untuk mendapatkan umpan balik guna dalam perbaikan-perbaikan yang diperlukan di masa mendatang. Dukungan fasilitas yang diperlukan untuk mengimplementasikan kurikulum, baik berupa fasilitas ruangan beserta perlengkapannya maupun fasilitas-fasilitas lainnya, merupakan salah satu upaya yang dilakukan Program Pascasarjana. Untuk kegiatan-kegiatan operasional pengembangan dan implementasi kurikulum di tingkat Prodi, Program Pascasarjana juga mengupayakan tersedianya dukungan dana sebagaimana tertuang dalam Rencana Anggaran masing-masing Prodi.

Sesuai dengan ekspektasi bahwa Program Pascasarjana merupakan salah satu lembaga pelopor perkembangan dan pembaharuan di lingkungan Universitas Garut, hal ini peran inisiator dan inovator dalam bidang pengembangan kurikulum juga ditampilkan oleh Program Pascasarjana. Dalam hal ini juga, Program Pascasarjana Universitas Garut berinisiatif untuk memberikan usulan-usulan perbaikan dan inovasi kepada Universitas dalam hal kaitannya dengan perubahan dan pengembangan kurikulum, bahkan dengan sistem akademiknya

 

Kurikulum Magister Ilmu Administrasi Negara TA. 2019/2020

Semester 1  :

  • MIA 2105  Filsafat Ilmu
  • MIA 3101 Teori administrasi Publik Lanjutan
  • MIA 3102 Teori dan Aplikasi Organisasi
  • MIA 3103 Manajemen Sektor Publik
  • MIA 3104 Teori dan Praktik Kebijakan Publik

Semester 2  :

  • MIA 2208 Pengembangan SDM
  • MIA 2209 Inovasi dan Perubahan Organisasi
  • MIA 2210 Statistik
  • MIA 3206 Metode Penelitian Administrasi
  • MIA 3207 Teori Perubahan Sosial Pembangunan dan Globalisasi

Semester 3  :

  • MIA 2315 Manajemen Pelayanan Publik
  • MIA 3312 System Thinking, Dynamic System & Scenario Planning
  • MIA 3313 Teori Kepemimpinan Publik
  • MIA 3314 Manajemen Keuangan & Penganggaran Administrasi Publik

Semester 4  :

  • MIA 1211 Seminar UP
  • MIA 6316 TESIS

 

Kurikulum Magister Manajemen Pendidikan Islam TA. 2019/2020

Semester 1 :

  • MKD 2101 Studi Al-Quran
  • MKD 2102 Studi Hadits
  • MKD 2103 Bahasa Arab
  • MKU 2105 Teori Pendidikan Islam
  • MKU 2106 Teori Ilmu Sosial
  • MKU 2112 Kebijakan & Perencanaan Strategi Pendidikan Islam

Semester 2 :

  • MKD 2204 Pemikiran dan Peradaban Islam
  • MKP 2218 Statistika
  • MKU 2207 Filsafat Ilmu
  • MKU 2208 Metodologi Penelitian
  • MKU 2210 Sejarah Lembaga Pendidikan
  • MKU 2214 manajemen Sumberdaya Pendidikan

Semester 3 :

  • MKU 2311 Startegi Pembelajaran Tentang Islam
  • MKU 2315 Supervisi, Evaluasi & Pengawasan Pendidikan Islam
  • MKU 2316 SI Manajemen Pendidikan Islam Berbasis ICT
  • MPI 2313 Kepemimpinan dalam pendidikan
  • MPI 2315 Pembiayaan Pendidikan
  • MPI 2316 Perilaku Organisasi

Semester 4 :

  • MPI 1321 Seminar UP
  • MPI 6322 TESIS

 

Kurikulum Magister Manajemen TA. 2019/2020

Semester 1 :

  • PMM 3101 Marketing Management
  • PMM 3102 Economic For Business
  • PMM 3103 Business Statistic
  • PMM 3104 Corporate Finance
  • PMM 3105 manajemen Sumberdaya Manusia

Semester 2 :

  • PMM 1211 Thesis Workshop I
  • PMM 3206 Entrepreneurship
  • PMM 3207 Startegic HR Management
  • PNM 3208 Startegic Management
  • PMM 3209 Research Methodology
  • PMM 3210 Business Ethic & Social Awarness