Contact us :0262-238626/544217
 

Perencanaan Dan Pengembangan Pembelajaran

Perencanaan Dan Pengembangan Pembelajaran

(Materi ceramah di Akademi Perawat Gigi Bandung, tanggal 16 Nopember1999).

Oleh : Prof. Dr. H. Mohamad Surya*)

Perencanaan Pembelajaran

Pengembangan pembelajaranUntuk menghadapi tantangan di masa depan yang demikian kompleks, diperlukan suatu perencanaan pembelajaran yang baik. Dalam pengertian sehari-hari, belajar diartikan sebagai suatu bentuk mencari pengetahuan atau menghafal suatu informasi. Pembelajaran mempunyai pengertian yang lebih luas dari pada sekedar mengumpulkan sejumlah informasi, karena pembelajaran mempunyai kaitan dengan proses perubahan seluruh kepribadian untuk mencapai perwujudan diri seseorang dalam perjalanan seluruh hidupnya. Melalui proses pembelajaran yang baik, seseorang akan memperoleh serangkaian sukses dan pengembangan diri, kepuasan dan kebahagiaan diri  sehingga perwujudan dirinya menjadi bermakna bagi dirinya sendiri dan pihak lain. Proses ini dicapai melalui suatu proses yang berkesinambungan dalam perjalanan hidup seseorang melalui berbagai aktivitas belajarnya.

Pencapaian sukses perwujudan diri yang baik dapat diperoleh melalui suatu perencanaan yang sistematis. Perencanaan pembelajaran merupakan suatu rangakain proses kegiatan yang terarah dan sistematis dalam mempersiapkan perjalanan hidup seseorang agar mencapai suatu perwujudan diri yang bermakna.

Bagaimana dengan anda? Ya…pasti anda punya cita-cita dan pasti ingin anda capai dengan baik. Nah, buatlah perencanaan yang baik dan tepat.

 

Tujuan Perencanaan Pembelajaran

Biasanya alasan seseorang merencanakan masa yang akan datang adalah untuk memperoleh kepuasan dan kebahagiaan pribadi secara bermakna dalam aspek yang bersifat ekonomik, sosial, psikologis, spiritual, intelektual, dsb.

Secara lebih khusus, tujuan perencanan pembelajaran adalah sebagai berikut.

  1. Mencapai kesadaran dan pemahaman diri
  2. Pencapaian kepuasan pribadi
  3. Mempersiapkan untk penempatan yang memadai
  4. Penggunaan waktu dan upaya secara efisien

 

Langkah-Langkah Dalam Perencanaan Pembelajaran

Mencapai sukses melalui perencanaan pembelajaran tidaklah sederhana, karena banyak langkah yang diperlukan. Bila anda menempuh prosedur tahap demi tahap, anda dapat lebih memusatkan upaya anda pada setiap tahapan prosesnya. Pada umumnya, perencanaan akan melengkapi anda dengan kepuasan pribadi yang berharga. Pencapaian sukses dalam perencanaan pembelajaran dimulai dengan mengkaji kecakapan anda, minat anda, kepribadian anda, nilai-nilai anda, unjuk kerja, dan gaya hidup anda.

  1. Kecakapan-kecakapan anda
  2. Minat-minat anda
  3. Nilai-nilai anda
  4. Kepribadian anda
  5. Kesempatan anda
  6. Unjuk kerja pembelajaran anda
  7. Gaya hidup anda

 

Strategi Pembelajaran

Strategi pembelajaran merupakan suatu cara yang dilakukan untuk mewujudkan perilaku belajar secara efektif agar mencapai tujuan yang diinginkan. Strategi pembelajaran meliputi berbagai aspek kegiatan yang harus dilakukan dalam situasi proses belajar, antara lain yang menyangkut perumusan tujuan, pemilihan bahan ajar, metoda dan alat bantu, kegiatan belajar, evaluasi hasil belajar, dan manajemen pembelajaran. Semua itu dimaksudkan  agar Anda berperilaku belajar secara efektif. Para pelajar diharapkan mampu mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan paradigma pendidikan.

Dalam mewujudkan pendidikan berdasarkan paradigma sebagaimana dikemukakan di atas, beberapa strategi yang perlu dikembangkan antara lain:

  1. Belajar untuk belajar
  2. Belajar untuk menjadi
  3. Hubungan kemitraan
  4. Pendidikan nilai
  5. Literasi iptek dan budaya
  6. Penampilan tim kerja

 

*Prof. Dr. H. Mohamad Surya, guru besar IKIP Bandung

 
 

More Posts in Artikel

 
 

Share this Post